Rabu, 04 November 2015

MATERI ICT

Komputer
A.    Pengertian Komputer
Komputer merupakan serangkaian perangkat elektronik yang saling berhubungan dan bekerjasama serta di dukung dengan program yang dijalankan oleh pengguna komputer untuk melakukan berbagai pekerjaan. Misalnya untuk menyimpan data, mengolah data, sarana hiburan dan lainnya.Komputer sangatlah dibutuhkan dalam mengolah dan mencari informasi.

B.     Komponen Pendukung Komputer

Ada tiga komponen komputer yang harus ada dan saling mendukung agar komputer dapat beroperasi dengan baik. Tiga komponen pendukung tersebut adalah hardware, software, dan brainware.

1.      Hardware
Hardware atau perangkat keras merupakan perangkat komputer yang dapat dilihat dan dipegang secara fisik. Berdasar fungsinya hardware dibagi menjadi tiga bagian yaitu :
a.       Perangkat masukan (input device)
b.      Perangkat pemroses (central processing unit)
c.       Perangkat keluaran (output device)

2.      Software
Software atau perangkat lunak komputer merupakan perangkat yang tidak bisa dilihat atau dirasakan secara fisik. Secara umum software dibagi menjadi 2 yaitu :

a.      Sistem operasi
Merupakan perangkat lunak sistem yang digunakan untuk mengatur dan mengendalikan perangkat – perangkat keras. Berikut beberapa contoh perangkat lunak sistem operasi :
1.)    Microsoft Windows
2.)    Linux
3.)    Machintos

b.      Program Aplikasi
Merupakan perangkat lunak sistem yang dibuat dan digunakan untuk melakukan tugas tertentu sesuai dengan fungsinya. Berdasar fungsinya program aplikasi dikelompokkan sebagai berikut :
1.)    Office
2.)    Internet
3.)    Grafis
4.)    Multimedia
5.)    Utility
6.)    Programming

3.      Brainware
Brainware atau disebut juga user merupakan pengguna yang menggunakan atau mengoperasikan komputer. Brainware juga merupakan komponen penting dari sebuah sistem komputer. Tanpa adanya brainware komputer tidak dapat beroperasi sebagaimana mestinya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar