Rabu, 04 November 2015

MATERI ICT PENGENALAN INTERNET

PENGENALAN INTERNET
A.    Pengertian Internet
Internet (interconnection-networking) merupakan jaringan komputer yang saling terhubung secara global sehingga dapat saling berinteraksi, berkomunikasi, dan saling berbagi informasi maupun data. Untuk dapat menggunakan internet diperlukan beberapa komponen pendukung. Berikut ini komponen – komponen yang diperlukan untuk dapat menggunakan internet :
1.      Perangkat
Perangkat yang diperlukan untuk mengakses internet adalah perangkat yang mendukung koneksi internet, seperti komputer, smartphone, PDA, dan lain – lain.
2.      Jaringan
Jaringan merupakan media penghubung antara perangkat untuk dapat saling berkomunikasi lewat internet. Jaringan tersebut berupa kabel LAN atau wireless
3.      Modem
Modem merupakan alat yang digunakan untuk menghantar dan menerima data antar perangkat internet. Alat ini digunakan untuk merubah sinyal analog menjadi digital dan sebaliknya.
4.      ISP
ISP merupakan perusahaan atau jasa yang menyediakan layanan internet.
5.      Software
Software atau perangkat lunak yang digunakan sebagai media untuk mengoperasikan internet adalah web browser. Contoh web browser yang digunakan untuk mengakses internet seperti, mozilla firefox, google chrome, internet explorer, opera, safari, netscape, flock, dan lain – lain.

B.     Web Browser
Web browser merupakan software program aplikasi yang digunakan untuk mengakses atau menjelajahi internet sehingga para pengguna internet dapat mencari informasi di internet dengan mudah. Berikut ini beberapa contoh web browser yang sering digunakan :
1.      Mozilla Firefox
2.      Internet Explorer
3.      Opera
4.      Safari
5.      Google Chrome

C.    Search Engine
Mesin pencari (search engine) adalah sebuah sistem perangkat lunak (software) yang digunakan untuk melakukan pencarian data atau informasi di internet dengan memasukkan kata kunci tertentu pada kolom pencarian. Mesin pencari akan bekerja dengan menyajikan hasil pencarian berupa informasi yang bisa terdiri dari berbagai macam berkas halaman situs web, gambar, ataupun jenis – jenis berkas lainnya.
1.      Contoh Search Engine
Berikut ini adalah bebberapa contoh search engine yang sering digunakan :
a.       Google
b.      Yahoo
c.       Bing

D.    Email
Email (electronic mail) merupakan media komunikasi di internet yang digunakan untuk mengirim surat secara elektronik. Dengan menggunakan email kita hanya membutuhkan beberapa menit agar pesan kita sampai ke tujuan. Untuk dapat menggunakan email maka Anda harus mendaftar di penyedia layanan email terlebih dahulu. Berikut ini beberapa contoh layanan email yang banyak digunakan :
a.       Gmail
b.      YahooMail
c.       Outlook



Tidak ada komentar:

Posting Komentar